Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Artikel dalam Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi terdiri dari beberapa komponen sebagai berikut:

JUDUL NASKAH : PETUNJUK PENULISAN DAN KIRIM ARTIKEL JURNAL BIOSCIENTIST (12pt Bold Tidak Lebih dari 15 Kata)

Nama Penulis1, Nama Penulis2, dst (12pt Bold)
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Sains, Teknik, dan Terapan, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia (12pt Normal)
E-mail : safnowandi_bio@ikipmataram.ac.id (10pt italic “E-mail Penulis Korespondensi”)

ABSTRAK (10pt Normal): Abstrak bahasa inggris ditulis dengan huruf miring (Italic) untuk abstrak bahasa inggris sepanjang 150-250 kata dengan ukuran font 10 pt dan jenis huruf Times New Roman serta jarak antar baris satu spasi. Jika artikel berbahasa Indonesia, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik dan benar. Jika artikel berbahasa Inggris, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris saja. Bagian Abstrak harus memuat inti permasalahan yang akan dikemukakan, metode pemecahannya, dan hasil-hasil temuan saintifik yang diperoleh serta simpulan. Abstrak untuk masing-masing bahasa hanya boleh dituliskan dalam satu paragraf saja dengan format satu kolom.

Kata Kunci: Petunjuk Penulisan, Jurnal Bioscientist, Template Artikel.

ABSTRACT (10pt Italic): Abstract is written in italics (Italic) along 150-250 words with a font size of 10 pt and Times New Roman fonts and the distance between single-spaced lines. If the article is in Indonesian, then the abstract must be written in Indonesian and English that is good and correct. If the article is in English, the abstract must be written in English only. The Abstract section must contain the core issues to be raised, the method of solving them, and the scientific findings obtained and conclusions. Abstracts for each language can only be written in one paragraph in a single column format.

Keywords: Writing Instructions, Bioscientist Journal, Article Template.

PENDAHULUAN (12pt)
Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan permasalahan penelitian atau hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan kajian artikel tersebut. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukkan kebaruan ilmiah artikel tersebut.

METODE (12pt)
Alur penelitian sebaiknya disajikan di bagian ini dilengkapi dengan keterangan gambar. Keterangan gambar diletakkan menjadi bagian dari judul gambar (figure caption) bukan menjadi bagian dari gambar. Metode-metode yang digunakan dalam penyelesaian penelitian dituliskan di bagian ini.

HASIL DAN PEMBAHASAN (12pt)
Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh?  Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara saintifik, tidak hanya deskriptif, bila perlu ditunjang oleh fenomena-fenomena dasar ilmiah yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil-hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis penelitian di bagian pendahuluan.

SIMPULAN (12pt)
Simpulan menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis.

SARAN (12pt)
Saran menggambarkan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut. Hambatan-hambatan atau permasalahan yang dapat mempengaruhi hasil penelitian juga disajikan pada bagian ini.

UCAPAN TERIMA KASIH (12pt)
Ucapan terima kasih terutama ditujukan kepada pemberi dana penelitian atau donatur. Ucapan terima kasih dapat juga disampaikan kepada pihak-pihak yang membantu pelaksanaan penelitian.

DAFTAR RUJUKAN (12pt)
Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Rujukan. Daftar Rujukan harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar rujukan) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar rujukan acuan. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar rujukan sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya.

Format Heading (BAGIAN dan Sub-Bagian)
Heading sebaiknya tidak lebih dari 3 tingkat. Semua heading harus dalam font 12pt. Berikut tata cara penulisan heading:
1.    Heading Level 1: Heading level 1 harus huruf kapital semua, cetak tebal, dan rata kiri. Sebagai contoh, METODE.
2.    Heading Level 2: Heading level 2 harus diawali huruf kapital, cetak tebal, dan rata kiri. Sebagai contoh, Heading 2.
3.    Heading Level-3:Heading level 3 harus diawali huruf kapital, cetak tebal, miring (italic), dan rata kiri. Sebagai contoh,Heading 3.
4.    Heading Level-4:Heading level-4 harus diawali huruf kapital, miring (italic), dan dinomori dengan angka Arab diikuti dengan tanda kurung kanan. Sebagai contoh, (1) Heading4

Panduan Penulisan Daftar Rujukan
Penulisan Daftar Rujukan sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, End Note, Zotero, atau lainnya. Format penulisan yang digunakan di jurnal Prisma adalah sesuai dengan format APA (American Psychological Association).
Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah:
Bekker, J. G., Craig, I. K., & Pistorius, P. C. (1999). Modeling and Simulation of Arc Furnace Process. ISIJ International, 39(1), 23–32.
Pustaka yang berupa judul buku:
Fridman, A. (2008). Plasma Chemistry (p. 978). Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka yang berupa Prosiding Seminar:
Roeva, O. (2012). Real-World Applications of Genetic Algorithm. In International Conference on Chemical and Material Engineering (pp. 25–30). Semarang, Indonesia: Department of Chemical Engineering, Diponegoro University.
Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi:
Istadi, I. (2006). Development of A Hybrid Artificial Neural Network – Genetic Algorithm for Modelling and Optimization of Dielectric-Barrier Discharge Plasma Reactor. PhD Thesis. Universiti Teknologi Malaysia.
Pustaka yang berupa patent:
Primack, H.S. (1983). Method of Stabilizing Polyvalent Metal Solutions. US Patent No. 4,373,104
Pustaka yang berupa HandBook:
Hovmand, S. (1995). Fluidized Bed Drying. In Mujumdar, A.S. (Ed.) Handbook of Industrial Drying (pp.195-248). 2nd Ed. New York: Marcel Dekker.
Website
United Arab Emirates architecture. (n.d.). Retrieved June 17, 2010, from UAE Interactwebsite: http://www.uaeinteract.com/
Dokumen Pemerintah
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Dokumen Pemerintah  yang diterbitkan oleh penerbit dan tanpa lembaga
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.
Tulisan/ berita dalam koran (tanpa nama penulis)
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel yang ditulis untuk jurnal meliputi hasil penelitian dan kajian Konseptual  di bidang Pendidikan Biologi dan Biologi, naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12pt, dengan spasi At least 12pt, diketik pada kertas A4 sepanjang lebih kurang 20 halaman, dan diserahkan dalam bentuk print out sebanyak 3 eksemplar beserta DVD atau CD-nya. Berkas file dibuat dengan Microsoft file juga dapat dilakukan sebagai attachment e-mail ke alamat E-mail : safnowandi_bio@ikipmataram.ac.id dan srinopitaprimawati@ikipmataram.ac.id.

  2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Jika naskah ditulis oleh tim, penyuntingnya akan berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis perlu mencantumkan nama dan alamat korespondensi yang diajukan dilengkapi alamat e-mail.

  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan format esai, disertai judul pada masing-masing bagian artikel. Judul artikel dicetak dengan huruf besar di tengah-tengah, dengan huruf sebesar 14 poin. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian.

    PERINGKAT 1 (HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI)

    Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)

    Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)

  4. Sistematika artikel hasil penelitian adalah; Judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak (maksimum 100 kata, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) yang berisi tujuan, metode dan hasil penelitian; kata kunci; pendahuluan yang berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian; metode; hasil; pembahasan; simpulan dan saran; daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).

  5. Sistematika artikel kajian konseptual adalah; Judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak (maksimum 100 kata,ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris); kata kunci; pendahuluan yang berisi latar belakang, dan tujuan atau runag lingkup tulisan; bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); simpulan dan saran; daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).

  6. Sumber rujukan sedapat mungkin  merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir, rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, dan disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.

  7. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun).

  8. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan sesuai dengan alfabetis dan kronologis.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)
With the payment of this fee, the review, editorial decision, and author notification on this manuscript is guaranteed to take place within 4 weeks.

Article Publication: 500000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.