ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

Linda Septiani, Heni Pujiastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah menengah pertama yang ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI), Field Intermediate (FID), dan Field Dependent (FD). Subjek penelitian ini adalah adalah siswa MtsN Pandeglang 1 kelas IX-C berjumlahkan 20 siswa yang dikelompokkan berdasarkan gaya kognitif yang dimiliki oleh setiap siswa, setiap kelompok gaya kogitif diambil perwakilan 2 siswa dengan menggunakan metode purposive sampling untuk diukur kemampuan pemahaman konsep matematisnya. Kemampuan pemahaman konsep matematis pada penelitian ini memiliki tujuh indikator. Berdasarkan hasil penelitian ini kemampuan pemahaman konsep matematis siswa memiliki kesamaan dan perbedaan. Siswa dengan kelompok gaya kognitif Field Independent (FI) memiliki kesamaan kemampuan pemahaman konsep matematis, yaitu mereka mampu mencapai semua indikator yang terdapat pada kemampuan pemahaman konsep matematis. Siswa dengan kelompok gaya kognitif Field Intermediate (FID) memiliki perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis, salah satu siswa dapat mencapai semua indikator dan siswa lainnya hanya memenuhi beberapa indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang termasuk dalam kelompol gaya kognitif yang sama belum tentu memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang sama. Siswa dengan kelompok gaya kognitif Field Dependent (FD) hanya sedikit indikator yang mampu dicapai oleh siswa dalam indikator kemampuan pemahaman konsep matematis.


Keywords


Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Gaya Kognitif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: