Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa Ketapang Raya Melalui Usaha Produktif Terasi Rebon dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Masyarakat Pasca Gempa Bumi Lombok

Siti Nurhidayati, Khaeruman Khaeruman, Diah Lukitasari

Abstract

Ketapang Raya menghasilkan banyak ikan, rebon (udang kecil) dan garam. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan, sebagian lagi berprofesi sebagai petani garam dan buruh pengangkut ikan dari sampan/perahu nelayan yang diupah menggunakan ikan dan rebon. Pendapatannya bergantung pada musim, dimana masyarakat sekitar masih memiliki taraf ekonomi penghasilan rendah. Masyarakat pada umumnya belum memanfaatkan potensi lokal/sumber daya alam sekitarnya secara optimal, misalnya melimpahnya ikan, rebon dan garam pada musim tertentu menjadi usaha-usaha produktif. Kegiatan pengabdian ini merupakan bagian dari proses trauma healing kepada masyarakat berupa pemberdayaan pada masyarakat untuk mengisi waktu luang mereka dalam bentuk penyuluhan, pelatihan dan pendampingan secara berkala dan berkelanjutan untuk membentuk usaha produktif terasi rebon melalui penggaraman dengan memaksimalkan sumber daya alam sekitar. Melalui pemberdayaan ini, masyarakat dapat dibelajarkan keterampilan dalam memilih bahan baku dan cara pembuatan terasi, keterampilan dalam pengawetan terasi tanpa bahan kimia dan pengemasan terasi, serta keterampilan dalam memasarkannya. Metode pelaksanaan program PKM ini berupa persiapan dan pembekalan, sosialisasi, penyuluhan, pelatihan dan pendampingan, evaluasi, analisis data, pelaporan dan publikasi. Hasil dari kegiatan ini berupa: 1) Terciptanya tenaga lokal yang potensial untuk mengelola sumberdaya sekitarnya menjadi usaha produktif terasi rebon, 2) Masyarakat terampil dalam memilih bahan baku terasi, terampil dalam proses pembuatan terasi, terampil dalam menggunakan pengawet tanpa bahan kimia, terampil dalam pengeringan dan pengemasan produk.(packaging).

Keywords

Pemberdayaan Masyarakat, Usaha Produktif, Terasi Rebon, Pemulihan Ekonomi, Pasca Gempa.

Full Text:

PDF

References

Tim Pemerintahan Lombok Timur. Daftar Nama Desa dan Dusun Di Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. 2016 (Online). www.kecarat.com. Diakses tanggal 28 Agustus 2018.

Arnani, M. Beredar Surat Potensi Gempa Bumi dan Tsunami di Lombok, Ini Penjelasan BMKG. 2019 (Online) https://www.google.com/search?q=2.+Arnani%2C+M.+Beredar+Surat+Potensi+Gempa+Bumi+dan+Tsunami+di+Lombok%2C+Ini+Penjelasan+BMKG.+2019&oq=2.%09Arnani%2C+M.+Beredar+Surat+Potensi+Gempa+Bumi+dan+Tsunami+di+Lombok%2C+Ini+Penjelasan+BMKG.+2019&aqs=chrome..69i57.1370j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8 Diakses 30 Juli 2019.

Maharani. Identifikasi Kondisi Kemiskinan Masyarakat Nelayan Di Kawasan Pesisir Lombok timur Nusa Tenggara Barat. Lombok Research Center. NTB. 2017.

Karim, F.A., Swastawati, M., dan Anggo, A.D. 2014. Pengaruh Perbedaan Bahan Baku Terhadap Kandungan Asam Glutamat Pada Terasi. Jurnal Pengelolaan dan Bioteknologi Hasil Perikanan. Vol. 3, No 4, hal 51-58.

Kim B. Cara Membuat Terasi Udang Rebon. 2015 (Online). https://kimbaharisukolilobaru.blogspot.com/2015. Diakses tanggal 30 Agustus 2019.

Nurhidayati, S. dan Ariani, S. Pelatihan Pembuatan Mie Kering dari Ubi Ungu Bagi Ibu PKK Di Desa Durian Kecamatan Janapria. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2019.

Ariani, S. dan Nurhidayati, S. Pelatihan E_Marketing Karang Taruna Desa Durian Kecamatan Janapria. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2019.

Ringkah dan Widodo R. 2019. PKM Kelompok Usaha Terasi Desa Bonang Kecamatan Lasem dalam Upaya Menghadapi Permasalahan Cuaca. JDC Vol. 3 No. 1 Januari 2019. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPPI Rembang.

Hidayat, T dan Mahanani, RS. 2018. Inovasi Teknologi Pengemasan Terasi Udang Puger “Hj. Ariyatun”. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2018, ISBN: 978-602-14917-5-1. Jurusan Manajemen Agribisnis, Polteknik Negeri Jember.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.