Pelatihan Cara Menggunakan Situs Bimbingan Belajar Free Bagi Pelajar dengan Memanfaatkan Website Zenius.Net

Baiq Rina Amalia Safitri, Baiq Azmi Sukroyanti, Lovy Herayant, Saiful Prayogi, Wirawan Putrayadi, Pahriah Pahriah

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah meminimalkan dampak negatif internet. Metode pelaksanaan pengabdian, antara lain: (1) Persiapan kegiatan; 1) Mekanisme pelaksanaan kegiatan, sebelum terjun ke lapangan, maka perlu dilakukan beberapa hal sebagai bentuk persiapan, antara lain: (a) Melakukan pendataan dan verifikasi pelajar di desa Sukamulia. (b) Sosialisasi program kepada pelajar di desa Sukamulia terkait rencana program pengabdian dan karakteristik pelajar setempat yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan program kerja. 2) Materi pengabdian, materi yang akan disampaikan kepada pelajar dalam pelatihan pembuatan akun dan cara menggunakan situs bimbingan belajar free antara lain: (a) Menyiapkan materi untuk pembuatan membuat akun zenius.net, (b) Menyiapkan materi cara menggunakan zenius.net. (2) Pelaksanaan pelatihan; pelatihan dilakanakan terhadap para pelajar yang ada di desa Sukamulia, menggunakan metode Direct Instruction. Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan atau program Pengabdian ini adalah sebesar-besarnya untuk kepentingan para pelajar setempat sebagai berikut: (1) Akun situs bimbingan belajar dan menciptakan belajar mandiri para pelajar dengan memanfaatkan situs bimbingan belajar tidak berbayar untuk mengurangi dampak negatif internet dan meningkatkan motivasi serta meningkatkan prestasi belajar para pelajar. (2) Publikasi artikel dalam jurnal. Kesimpulannya dengan memanfaatkan Website Zenius.Net” yaitu diharapkan dapat memberikan teknologi dan keterampilan kepada para pelajar bagaimana cara membuat akun dan cara menggunakan situs bimbingan belajar Free, sehingga dapat mengurangi dampak negatif internet.

Keywords

Bimbingan Belajar, Zenius, net

Full Text:

PDF

References

Arsyad. 2011. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta, 24 Maret 2020. Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. (Diakses 1 April 2020 Laman: www.kemdikbud.go.id)

Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, M., Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Jakarta: Refika Aditama.

Hutapea, E. 2019, Juli 17. Pengalaman Belajar Belum Menyenangkan, Zenius Rilis Aplikasi "Mobile". (Retrieved Februari 11, 2020, from KOMPAS.COM:https://edukasi.kompas.com/read/2019/07/17/21050881/pengalaman-belajar-belum-menyenangkan-zenius-rilis-aplikasimobile?page=all).

Nurhaerani, 2015.Pengaruh Model Direct Direct Instruction Berbasi Multimedia PhET terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Skripsi. IKIP Mataram.

Melani, Cita. 2008. Motif dan Pola penggunaan media internet oleh mahasiswaAbstrak. Fikom Library and Knowledge Center.

Panji, Aditya. 2014. Hasil Survei Pemakaian Internet Remaja Indonesia. (Diakses 1 April 2020 https://tekno.kompas.com/read/2014/02/19/1623250/Hasil.Survei.Pemakaian.Internet.Remaja.Indonesia.)

Rahmayati, El dan Handayani, Ririn, Sri. April 2013. Analisis Pola Penggunaan dan Pemanfaatan Internet Oleh Mahasiswa di Lingkungan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang. Jurnal Keperawatan, Volume IX, No. 1, ISSN 1907-0357.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan dalam Masa Darurat Peyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Sakti Dkk. 2012. Pengaruh model pembalajaran langsung (direct instruction) Melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap Minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA plus Negeri 7 kota Bengkulu. Jurnal Exacta, ISSN 1412-3617.

Seputar Pengetahuan. 2015. 40 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap). (Retrieved 3 1, 2019, from 40 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap): http://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/2015-pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.html).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widomoko. (2005). Kontruksi Bangunan Gedung Satu Lantai. Malang: Universitas Negeri Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.