Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online Bagi Guru di SMPN 1 Batulayar Kabupaten Lombok Barat

Citra Ayu Dewi, Yeti Kurniasih, Yusran Khery, Suryati Suryati

Abstract

Permasalahan dan kendala utama yang dihadapi oleh guru-guru di SMPN 1 Batulayar adalah tidak tersedianya media pembelajaran online, keterbatasan pengetahuan tentang teknologi pembuatan media pembelajaran online serta ditambah lagi dengan metode pengajaran yang masih bertumpu pada komunikasi satu arah yang menyebabkan siswa mudah bosan dan kesulitan memahami isi pengajaran. Kegiatan PKM bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan skill para guru di SMPN 1 Batulayar dalam pembuatan media pembelajaran online. Target luaran dari kegiatan PKM adalah: (a) Jasa, berupa peningkatan kemampuan dan skill para guru dalam pembuatan media pembelajaran online. (b) Produk, berupa media pembelajaran online. (c) Publikasi pada Jurnal Pengabdian “Lumbung Inovasi”. Kegiatan PKM telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Adapun metode pelaksanaan PKM ini adalah penyajian materi, praktek dan pendampingan pembuatan media. Metode penyajian materi berupa pengenalan aplikasi, kemanfaataannya, dan penerapannya dalam pembuatan media pembelajaran online. Metode praktek dan pendampingan mengenai pengoperasionalisasian program dimana guru-guru mempraktikkan secara langsung pembuatan media pembelajaran sesuai materi masing-masing yang diajarkan sampai menghasilkan produk berupa media pembelajaran online. Berdasarkan hasil analisis dari kegiatan pelatihan dan penugasan yang diberikan saat pelatihan dapat diketahui semua peserta mampu membuat kelas baru, mengupload bahan ajar dalam bentuk file, link dan video, menyimpan bahan ajar dalam layanan Google Drive, mengundang siswa untuk bergabung di kelas. Sedangkan kendala selama pelatihan antara lain belum seluruh siswa memiliki akun Gmail sehingga ini menjadi bagian tugas para guru untuk mengarahkan siswanya membuat akun Gmail. Sehingga dengan dilaksanakan kegiatan PKM melalui pelatihan ini terjadi transfer knowledge tentang kemampuan dan skill dalam membuat media pembelajaran online menggunakan aplikasi Google Classroom yang merupakan salah satu aplikasi pendukung pembelajaran daring.

Permasalahan dan kendala utama yang dihadapi oleh guru-guru di SMPN 1 Batulayar adalah tidak tersedianya media pembelajaran online, keterbatasan pengetahuan tentang teknologi pembuatan media pembelajaran online serta ditambah lagi dengan metode pengajaran yang masih bertumpu pada komunikasi satu arah yang menyebabkan siswa mudah bosan dan kesulitan memahami isi pengajaran. Kegiatan PKM bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan skill para guru di SMPN 1 Batulayar dalam pembuatan media pembelajaran online. Target luaran dari kegiatan PKM adalah: (a) Jasa, berupa peningkatan kemampuan dan skill para guru dalam pembuatan media pembelajaran online. (b) Produk, berupa media pembelajaran online. (c) Publikasi pada Jurnal Pengabdian “Lumbung Inovasi”. Kegiatan PKM telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Adapun metode pelaksanaan PKM ini adalah penyajian materi, praktek dan pendampingan pembuatan media. Metode penyajian materi berupa pengenalan aplikasi, kemanfaataannya, dan penerapannya dalam pembuatan media pembelajaran online. Metode praktek dan pendampingan mengenai pengoperasionalisasian program dimana guru-guru mempraktikkan secara langsung pembuatan media pembelajaran sesuai materi masing-masing yang diajarkan sampai menghasilkan produk berupa media pembelajaran online. Berdasarkan hasil analisis dari kegiatan pelatihan dan penugasan yang diberikan saat pelatihan dapat diketahui semua peserta mampu membuat kelas baru, mengupload bahan ajar dalam bentuk file, link dan video, menyimpan bahan ajar dalam layanan Google Drive, mengundang siswa untuk bergabung di kelas. Sedangkan kendala selama pelatihan antara lain belum seluruh siswa memiliki akun Gmail sehingga ini menjadi bagian tugas para guru untuk mengarahkan siswanya membuat akun Gmail. Sehingga dengan dilaksanakan kegiatan PKM melalui pelatihan ini terjadi transfer knowledge tentang kemampuan dan skill dalam membuat media pembelajaran online menggunakan aplikasi Google Classroom yang merupakan salah satu aplikasi pendukung pembelajaran daring.

 

Keywords

Media, Pembelajaran online.

Full Text:

PDF

References

Dinas Pendidikan, Olahraga dan Kebudayaan. 2018. Jumlah Sekolah SMA, SMP dan kelas. Kabupaten Lombok Barat.

Kurniawan, B., & Purnomo, A. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS MTs Di Kota Malang. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1-9.

Negara, H. R. P., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66-79.

Ramadhani, R., Astuti, E., & Setiawati, T. (2019). The implementation of lms-google classroom to improving competence skill of senior high school teachers’in industrial revolution 4.0. Amaliah: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(2), 327-335.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.