PENGARUH PERMAINAN BALOK TERHADAP KETERAMPILAN KOGNITIF ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI PAUD BINA LESTARI MONTONG ARE KECAMATAN KEDIRI

Farida Herna Astuti, Hipziah Hipziah

Abstract


Anak usia dini adalah anak yang memiliki rentang usia 0-6 Tahun menurut sistem pendidikan nasional, agar memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik anak belajar melalui kegiatan bermain. Bermain merupakan dunia anak dengan bermain anak mendapatkan stimulus yang tepat dan memahami kehidupan, sehingga aspek perkembangan anak dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Permainan Balok Terhadap Keterampilan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Bina Lestari Tahun Pelajaran  2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi sebagai metode utama, pengisian angket pengamatan, metode dokumentasi dan wawancara sebagai pelengkap. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik dengan rumus t-tes. Berdasarkan hasil analisis data bahwa t hitung yang diperoleh adalah sebesar 17,27, sedangkan nilai t-tabel (17,27 > 1,833). Hal ini berarti H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada Pengaruh Permainana Balok Terhadap Keterampilan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Bina Lestari Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah “signifikan”.

Kata Kunci : Permainan Balok, Ketrampilan Kognitif


Full Text:

PDF

References


Amelia, Nurul. 2017, “upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak usia Dini pada materi mengenal bentuk geometri melalui Penerapan model pembelajaran make a match di Raudhatul athfal al-farabi tanjung selamat Kecamatan sunggal tahun ajaran 2016/2017 “. (Skripsi) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Arifin, 2011. Metode Penelitian. Jakarta: PT Bina Aksara

Arikunto dan Suharsimi, 2006. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Azwar, 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Balok Di TK ABA Karanganom III Klaten Utara Tahun 2012/2013. {Skripsi} Universitas Muhammadiyah Surakarta,Surakarta.

Bambang, Yuliani Nuraini , 2010 .Bermain Aktif berbasis kecerdasan jamak,Jakarta:PT Indek

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan embelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

IKIP Mataram, 2011. Pedmoman Penulisan Skripsi. IKIP Mataram

Istriyani,Dyah.2012.UpayaMeningkatkanKreativitasAnakMelaluiPermainan

J.Beaty,Janice.2013.ObservasiPerkembanganAnakUsiaDini.Jakarta:Kencana PrenadamediaGroup.

Khilmiyah, Anis. 2011. Efektivitas Bermain Balok Unit Dalam Meningkatkan Logic Smart Pada Siswa PAUD Sukses Kreatif. {Skripsi}Universitas Negeri Surabaya, urabaya.

Montolalu, dkk. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Universitas Terbuka, Jakarta

Nento,Selfi.2013.Mengembangkan Kemandirian Anak Melalui Bermain Balok DiKelompok Bermain Melati Desa Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.{Skripsi} Universitas NegeriGorontalo, Gorontalo.

Nurhastuti, Eny. 2014. Pengembangan Kreativitas Melalui Bermain Balok Pada AnakKelompokB TK Tanggan 1 Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. {Skripsi} Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Cetakan kedua. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri PendidikanNasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi DEPDIKNAS.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas, Jakarta.

Siti Partini Suardiman. 2003. Metode Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta

Soemiarti Patmodewo, 2003. Pendidikan PraSekolah, Jakarta: Rineka Cipta,

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kwantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Suryabrata. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Takdiroutoen Musfiroh, 2008 Cerdas Melalui Bermain (Cara Mengasah MultipleIntelligence Pada Anak Sejak Usia Dini) (Jakarta:Grasindo,),

Undang-undangNo 20. Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.