PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HAMZANWADI PANCOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Khaerul Huda, Hariati Hariati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menembangkan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Hamzanwadi Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) model Kemmis dan Taggart, yang meliputi empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dengan memberikan suatu tindakan pada subjek yang diteliti melalui media palydough sebagai variabel bebas dan untuk mengetahui motorik halus anak sebagai variable terikat. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses peningkatan pengembangan hasil pada motorik halus anak melalui media playdough. Hal ini dapat dilihat mulai dari hasil pra-intervensi sampai dengan siklus II dimana keterampilan sosial yang dimiliki siswa kelas B secara keseluruhan meningkat dengan rerata 50%.Hasil dari nilai rata-rata pra-.intervensi 30% dan meningkat sampai dengan 75% pada siklus II.

Kata Kunci : Media Playdough, Motorik Halus Anak


Full Text:

PDF

References


Andang Ismail.(2006).Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan Permainan Ewdukatif).Yogyakarta :Pilar Media

Cerika Rismayanthi.(tt). Pengembangan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Yogyakarta :FIKUNY.

Diana Mutiah.(2010).Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Hurlock. (1978).Child Development.Sixth edition.Jakarta : Erlangga

Idrus,Muhammad.(2009).Metode Penelitian Ilmu Sosial.Edisi kedua.Yogyakarta : Erlangga.

Kamtini dan Husni Wardi Tanjung. (2005) Bermain Gerak Dan Lagu di TK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Ngalim Purwanto. (2006). Prinsip prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nunik Wiji Swjati. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Bentuk Menggunakan Bubur Kertas di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh Padang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,Volume1 Nomor 1 Tahun 2013.

Penney Upton. (2012). Psikologo Perkembangan.Jakarta : Erlangga.

Ramli. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.

Rasyid, Harun.(2013). Handout metodologi penelitian. Yogyakarta.

Rosmala Dewi. (2005). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi, Direkltorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Siti Rochayah. (2012). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Pada Siswa Kelompok B TK Masyithoh Kawangan Cilacap. Skripsi. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.