PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI 4 MAMBEN LAUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Hadiyaturido Hadiyaturido, Khairul Huda, Nur Hidayatul Amni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menembangkan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Hamzanwadi Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) meliputi empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dengan memberikan suatu tindakan pada subjek yang diteliti melalui penerapan model cooperative learning tipe rotating trio exchange (rte) untuk meningkatkan hasil belajar matematika sebagai variable terikat. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses peningkatan hasil belajar matika  melalui penerapan. Hal ini dapat dilihat mulai  dari siklus I yaitu diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 65 dengan nilai rata-rata sebesar 79,76. Begitu juga dengan ketuntasan secara klasikal sudah melebihi standar yang ditetapkan sebesar 85 % dengan ketuntasan yang diperoleh pada siklus II ini sebesar 87,88 %. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pecahan siswa kelas V SD Negeri 4 Mamben Lauk tahun ajaran 2019/2020.

 

Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange,  Hasil Belajar Matika



Full Text:

PDF

References


H. Erman Suherman Ar, Drs, M.Pd, dkk, 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:Jica-Imstep Project.

Zainal Aqib, 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung:Yrama Widya.

Dr. Agus Yuliantoro, M. Hum, 2015. Penelitian Tindakan Kelas dengan Metode Mutakhir. Yogyakarta: ANDI.

Prof. Dr. Lexy J. Moeleong, M.A, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Drs. Amirul Hadi, dkk, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Dr. H. Basuki Wibawa, 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Suandhi, I Wayan. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Materi kuliah tidak diterbitkan. Denpasar: FKIP Mahasaraswati Denpasar.

Redja Mudyahardjo. 2002. Pengantar Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Prof. Dr. Lexy J. Moleong. M.A. 2005. Metodologi Pendidikan Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Susilo, Herawati, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing.

Meri Dwi Putri dengan judul Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Kelas VB Min 10 Bandar Lampung. Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Erna Widyawati. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyatakan Lambang Bilangan Romawi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kemasan 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Puji Rahayu. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Pada Siswa Kelas VIII C SMP Mataram Kasihan. Yogyakarta: Progam Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta.

Aldona Meylina Manalu. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sukabumi. Bandar Lampung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Ida Ayu Patni Utari. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) Tipe Pertukaran Trio Memutar (Rotating Trio Exchange) Siswa Kelas IV SDN 34 Cakranegara Tahun Ajaran 2015/2016. Mataram. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram .

Wahyu Nurhayati1, dkk. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange (Rte) Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi di Kelas X Sma Negeri 2 Pekanbaru Tahun 2013. Riau. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau


Refbacks

  • There are currently no refbacks.