EFEKTIVITAS MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMPN 2 KEDIRI

Dewi Oktarini, Jamaluddin Jamaluddin, Imam Bachtiar

Abstract


The use of instructional media is essential for understanding Biology. This study aims to determine the effectiveness of the use of animation media on learning outcomes. The study was conducted with quasi-experimental and non-equivalent pre-test-post-test control group designs. Data were taken from the pre-test, post-test and gain scores. The research instrument is a written test in the form of multiple choice questions. Data were analyzed using 'mean difference test'. The results showed that the results of the study on sub photosynthesis and respiration material differed significantly. The gain analysis shows that the animation media has improved student learning outcomes.

Keywords


Animation media, learning outcome

Full Text:

PDF

References


Akcay H, Durmaz A, Tuysuz C, Feyzioglu B. 2006. The effects of computer based learning on students’ attitudes and achievment towards analytical chemistry. The Turkish Online Journal of Educational Technology 5 (6) :44-48.

Ariawati R. 2011. Studi Komparasi Metode Pembelajaran TPS Think Pair Share Menggunaka Animasi Macromedia Flash Dan Microsoft Power Point Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Diakses melalui: http://v2.eprints.ums.ac.id/archive/etd/13978/1/, tanggal 8 Agustus 2012.

Arsyad A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Aththibby AR, Ishafit. 2011. Perancangan media pembelajaran Fisika berbasis animasi komputer untuk SMA pokok bahasan hukum newton tentang gerak. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011 F-81.

Buntat Y, Murdar RA. 2011. The effect of using visual graphics via interactive multimedia on learning of mathematics (straight line) at secondary school. Journal of Technical, Vocational & Engineering Educational (3): 94-103

Dahlan MS. 2009. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika

Fahtiyati N, Utami PR. 2012. Pengembangan media pembelajaran Biologi berbasis macromedia flash sebagai sumber belajar bagi siswa SMA/MA kelas XI semester 2 Materi pokok sistem reproduksi manusia. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS

Imamah N. 2012. Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan dengan video animasi materi sistem kehidupan tumbuhan. Jurnal Pendiddikan IPA Indonesia 1(1): 32-36.

Ke F, Lin H, Ching HY, Dwyer F. 2006. Effects of animation on multi-level learning outcomes for meta analytic assessment and interpretation. Journal of Visual Literacy 6 (1): 15-40

Lousiana. 2013. Pengaruh Penerapan Model Discovery-Inquiry dan Model Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Koloid Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa SMAN 7 Mataram. Tesis S2. Universitas Mataram

Prayogo WS, Basyrun, Raharjo WD. 2012. Keefektifan penggunaan media animasi macromedia flash pada materi kompresor. Automotive Science and Education Journal 1(1): 33-37.

Rahmatullah M. 2011. pengaruh pemanfaatan media pembelajaran film animasi terhadap hasil belajar (studi eksperimen pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 6 Banjarmasin.). Jurnal Penelitian Pendidikan UPI No. 1: 178-186

Ratnawati R, Tjendrowaseno IT. 2013. Pembuatan media pembelajaran Biologi untuk kelas VIII SMPN 1 Tasikmadu. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2(1) ; 37-43.

Salim A, Astuti, Ishafit, Toifur M. 2011. Pemanfaatan media pembelajaran (macromedia flash) dengan pendekatan kontruktivis dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Fisika pada konsep gaya. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011 F-279.

Samsudin A, Liliawati W. 2011. Efektivitas pembelajaran Fisika dengan menggunakan media animasi komputer terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011 F-85.

Setiasih WA, Hakim DK. 2012. Pengembangan media pembelajaran Biologi pokok bahasan ekosistem guna peningkatan prestasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbang. Jurnal Ilmu Pengetahuan 1 (2): 9-20

Slavin RE. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Marianto samosir (Penerjemah). 2011. Jakarta : PT Indeks

Sudjana, Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabet.

Wahyudi EN. 2009. Pemanfaatan Media Animasi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X B Tekhnik Gambar Bangunan SMK Negri 2 Wonogiri. Jurnal DIDAKTIKA Edisi Khusus HARDIKNAS : 143-151

Zulkarnaen. 2010. Pemanfaatan media gambar animasi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Geografi pokok bahasan keragaman bentuk muka bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan 8(1): 83-91.




DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i1.1048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Dewi Oktarini, Jamaluddin Jamaluddin, Imam Bachtiar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This journal has been indexed in:

more

Creative Commons License
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats


[Valid Atom 1.0]