Implementasi Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, A . (2011). Peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode explicit instruction pada materi poko hidro karbon siswa kelas X semester II SMAN 1 Kruak Tahun Pelajaran 2010/2011. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
BSNP. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendiknas.
Cristianti, L. (2015). Upaya meningkatkan motivasi belajar bilogi materi teori evolusi dengan metode pembelajaran penbemuan pada siswa kelas XII IPA Di SMAN 06 kota Bekasi. (Skripsi tidak dipubikasikan). Bekasi.
Depdiknas. (2005). Landasan teori dalam pengembanagan metode pembrelajaran materi pelatihan terintegrasi Ilmu Pengatahuan Alam. Jakarta: Departmen pendidikan Nasional.
Hariani. (2015). Pengaruh pembelajaran guided inquairi terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas vii MTSN Ridlol Alidain NW Batu Bangka Lombok Timur tahun pelajaran 2014/2015. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.
Husaini. (1999). Strategi dalam belajar. Bandung: Uni Aksara.
Muhali. (2004). Pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap peningkatan daya serap siswa pada materi asam basa di kelas II SMAN 1 Pujut. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: IKIP Mataram.
Sadia, I W. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep ipa dan sikap ilmiah siswa SMP. (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram IKIP Mataram.
Syaifudien. (2015). Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Prambon Sidoarjo Jurusan Pendidikan Agama Islam. (Skripsi tidak dipublikasikan). Surabaya: UIN Sunan Ampel.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i2.1155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Aipan Rus, Ani Fatmawati, Agus Muliadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal has been indexed in:
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![Validate my Atom 1.0 feed [Valid Atom 1.0]](/index.php/prismasains/manager/setup/valid-atom.png)